Sistematika Penulisan Buku Ajar
Sistematika Menulis Buku Ajar
Gelombang : 28
Hari, Tanggal : Senin, 20 Februari 2023
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator : Mutmainah, M.Pd
Puji Tuhan masih bisa mengikuti KBMN ke-28 pertemuan ke-19
Memasuki pertemuan ke-19 banyak hal yang merintangi sehingga timbul rasa malas untuk menulis resume. Meskipun terlambat mengirimkannya dan rasanya sudah basi. Selagi masih ada kesempatan tetap saja dikirim resumenya. Biarlah semangat itu tepat menyala. Narasumber yang luar biasa. Beliau juga sudah sekelas Ahmad Fuadi. Buku Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional sebagai buku terbaik. Penghargaan ini juga telah didapatkan Ahmad Fuadi, semoga buku Ibu Dr. Mudafiatun juga menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi.
Ibu Mudafiatun berbagi ilmu dan pengalamannya kepada anggota grup KBMN ke-28 . Menulis tanpa sekat dan batas.
*Menulislah dengan tulisan jelek, karena tulisan yang bagus hanya bonus dari kebiasaan," Pramudya Ananta Toer.
Link biodata narasumber :
https://www.kompasiana.com/mudaisriyah/63f23e524addee59a3385632/cv-dr-mudafiatun-isriyah-m-pd
Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu.
Materi yang disampaikan adalah :
1. Bahan Ajar VS Buku Ajar
2. Pentingnya BA dalam pembelajaran
3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
4. Cara Penulisan Buku Ajar
5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen. Berikut penjelasan mengenai materi pembelajaran menulis bahan ajar.
1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3. Bahan Ajar Cetak • Buku Teks, •Buku Referensi, dan Monograf,
•Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ •Panduan = Petunjuk = Pedoman, •Atlas = Peta •Diagram = Poster
•Brosur = Leaflet = Manual
Bahan Ajar non-Cetak • Internet = Web Based Courses = e-learning • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer • Slide • Video / TV • Audio / Radio
Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
Mengapa Buku Ajar Penting dalam Pembelajaran?
1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru?
Mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN
1. ada Tujuan,
2. Srtategi
3. Penilaian
Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen
Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit.
Kebutuhan bahan bacaan?
Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu
Keuntungan Buku Ajar Bagi Guru/Dosen?
1. Promosi & Kenaikan
Pangkat
2. Mendapatkan insentif
3. Finansial-Royalti
4. Eksistensi diri
5. Media Ekspresi
6. Branding Personal dan Institusi
7. Penguatan Keilmuan; dll.
Eksistensi diri
Nah sangat banyak keuntungan buat diri kita. Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran
Capaian Pembelajaran ? Guru adalah sbg Peneliti dan Pembelajar Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dalam menulis buku ajar.
Guru membuat RPS/Silabus
Desain pembelajaran sebagai langkah awal untuk memulai semua mata pelajaran yang di desain itu sama dengan outline calon Buku modul dan diktat. Seorang guru juga sebagai Peneliti?
Maka guru akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, bahan untuk menjadi buku
Jenis-jenis Buku Ajar antara lain :
1. BUKU AJAR
2. BUKU MODUL
3. DIKTAT
4. 4. PETUNJUK PRAKTIKUM
5. NASKAH TUTORIAL
Sedangkan Buku Hasil Penelitian/Pemikiran antara lain menghasilkan :
1. BUKU REFERENSI
2. MONOGRAF
Pengalaman beliau mendapatkan penghargaan terbaik 1 perpusnas dengan teman Pendidikan Jarak Jauh
Buku hasil penelitian menjadi buku referensi saya sajikan menjadi sebuah buku yg didalamnya terdapat syarat dengan materi yg dibutuhkan oleh guru BK. Buku yang bernama bernovelty
Bagaimana dengan Buku Ajar VS Buku Teks?
Buku Ajar pada umumnya:
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman.
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Sedangkan Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara linier.
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Materi buku teks sangat
8. Dikemas untuk dijual secara umum.
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
Cara Penyusunan Buku Ajar
1. Penataan Informasi (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun
2. Pengemasan Kembali (information repackaging) Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS
3. Menulis Sendiri (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.
4. Prosedur Kompilasi
Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
5. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.
6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk
setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk
dibagi kepada mahasiswa).
7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa
untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.
Beliau melanjutkan kembali bagian Prosedur Pengemasan Kembali Informasi
Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.
Petunjuk belajar bagi mahasiswa.
Latihan.
Ringkasan.
Umpan balik.
Evaluasi formatif.
Beliau memaparkan bagaimana Pertimbangan Penulisan Buku Ajar oleh Guru/Dosen (Menulis Sendiri) antara lain :
-Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).
-Guru mempunyai kemampuan menulis.
-Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.
-Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran
-Guru adalah pakar bagi dirinya sendiri
PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1. PRINSIP RELEVANSI
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. PRINSIP KECUKUPAN
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
SISTEMATIKA BUKU AJAR
Outline buku kita sendiri yaitu :
BAB 1
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa
֍ Identitas Mata Kuliah
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
Luar biasa ilmu yang didapat peserta KBMN ke-28 pertemuan ke-19. Materi yang butuh keseriusan tingkat dewa. Membuat buku ajar. Buku karya sendiri yang bisa dijadikan bahan pembelajaran buat peserta didik. Materi di pertemuan ke-19 dibutuhkan kepiawaian dalam hal membuat buku ajar karya sendiri. Membuat buku ajar agar peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran. Menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Menciptakan buku ajar yang mudah dipahami oleh peserta didik. Narasumber yang luar biasa. Apakah bisa di suatu hari nanti membuat buku ajar bagi peserta didik. Hanya waktu yang menjawabnya, serta keseriusan dari diri sendiri.
Semangat
Sekian dulu resume dari saya Lesterina Purba-Bekasi KBMN ke-28 dengan blog meduster.
Salam literasi
Bekasi, 20 Februari 2023
Sumber gambar dari grup WhatsApp KBMN ke-28
Menarik ^_^
BalasHapus